Selasa, 20 Desember 2011

Pengertian Database

PENGERTIAN DATABASE
Database adalah kumpulan imformasi yang di simpan di dalam komputer secara sistematis sehingga dapat di periksa dengan mengguanakan metode basis data tertentu sehingga mampu memenuhi informasi yang optimal yang dibutuhkan oleh para pengguna.

Perangkat Untuk Membuat Database
Data base dapat di buat dan di olah dengan mengguanakan programkomputer yang di sebut softwere (prangkat lunak) Software yang digunakan untuk mengelola dan memanggil kueri (query) databasedisebut Database Management System (DBMS) atau jika diterjemahkan kedalam bahasa indonesia berarti “Sistem Manajemen Basis Data”.DBMS terdiri dari dua komponen, yaitu Relational Database ManagementSystem (RDBMS) dan Overview of Database Management System (ODBMS).RDBMS meliputi Interface Drivers, SQL Engine, Transaction Engine, RelationalEngine, dan Storage Engine. Sedangkan ODBMS meliputi Language Drivers,Query Engine, Transaction Engine, dan Storage Engine. Sedanagkan untuk level dari softwerenya sendiri, terdapat dua level yaitu high level dan low level softwere. Yang termasuk di dalamHigh Level Software, antara lain sepertiMicrosoft SQL Server ,Oracle,Sybase,  Interbase,XBase,Firebird,MySQL,PostgreSQL,Microsoft Access,dBase III, Paradox,FoxPro,Visual FoxPro,Arago,Force,Recital, dbFast, dbXL,  Quicksilver ,Clipper ,FlagShip,Harbour ,Visual dBase, danLotus Smart Suite Approach. Sedangkan yang termasuk di dalam Low Level Software antara lainBtrievedanTsunami Record Manager.

TERDAPAT 12 TIPE DATA BASE
1. Operational database
Database ini menyimpan data rinci yang di perlukan untuk mendukung operasi dari seluruh organisasi. Mereka juga disebut subject-rea database (SADB), transaksi database, dan produksi database.
Contoh: database pelanggan, database pribadi, database inventaris akutansi database.
2.Analytical database
Database ini menyimpan data dan imformasi yang di ambil dari operational yang di pilih  dan eksternal database.
3.Data warehouse
Sebuahdata warehousemenyimpan data dari saat ini dan tahun-tahun sebelumnya - data yang diambil dari berbagai database operasionaldari sebuah organisasi.
4. Distributed database
Ini adalah database-kelompok kerja lokal dan departemen di kantor regional, kantor cabang, pabrik-pabrik dan lokasi kerja lainnya.
5.End-user database

Database ini terdiri dari berbagai file data yang dikembangkan olehend-user di workstation mereka. Contoh dari ini adalah koleksi dokumendalam spreadsheet, word processing dan bahkan download file.
6.external database
Database ini menyediakan akses ke eksternal, data milik pribadionline - tersedia untuk biaya kepada pengguna akhir dan organisasi dari layanan komersial.
7.Hypermedia database on the web
Ini adalah kumpulan dari halaman-halaman multimedia yang saling berhubungan dengansitus web.
8.Navigator database
Dalam navigasi database,queries menemukan benda terutama dengan mengikuti referensi dari objek lain
9. in-memory database
Database di memory tergantung terutama pada memori nya untuk menyimpan data di komputer.
10.Document-oriented database
Merupakan program komputer yang di rancang untuk aplikasi berorientasi dokumen.

11.Real-time database
Adalah sistempengolahan di rancang untuk menengani bebean kerja negara yang dapat berubah terus menerus.
12.Relational database
Adalah database yang paling umum di gunakan saat ini.yaitu: Post relational database model, Objeck database models.

blog.re.or.id > Uncategorized > Struktur Data dan Basis Data (Database)

Struktur Data dan Basis Data (Database)

Telah diketahui bahwa secara fisik data dalam bentuk kumpulan bit dan direkam dengan basis track didalam media penyimpan eksternal. Dalam prakteknya, untuk kemudahan dalam mengakses data, data disusun dalam suatu struktur logis yang menjelaskan bahwa:
  • 1. Kumpulan tabel menyusun basis data,
  • 2. Tabel tersusun atas sejumlah record,
  • 3. Sebuah record mengandung sejumlah field, dan
  • 4. Sebuah field disimpan dalam bentuk kumpulan bit.
Pengertian masing-masing istilah diatas adalah seperti berikut:
a. Field (medan) menyatakan data terkecil yang memiliki makna. Istilah lain untuk field yaitu elemen data, kolom item, dan atribut. Contoh field yaitu nama seseorang, jumlah barang yang dibeli, dan tanggal lahir seseorang.
b. Record (rekaman) menyatakan kumpulan dari sejumlah elemen data yang saling terkait. Sebagai contoh, nama, alamat, tanggal lahir, dan jenis kelamin dari seseorang menyusun sebuah record. Istilah lain yang juga menyatakan record yaitu tupel dan baris.
c. Tabel menghimpun sejumlah record. Sebagai contoh, data pribadi dari semua pegawai disimpan dalam sebuah tabel.
d. Basis data (database) adalah suatu pengorganisasian sekumpulan data yang saling terkait sehingga memudahkan aktivitas untuk memperoleh informasi. Sebagai contoh, basis data akademis mengandung tabel-tabel yang berhubungan dengan data mahasiswa, data jurusan, data mata kuliah, data pengambilan mata kuliah pada suatu semester, dan nilai yang diperoleh mahasiswa.
 

semoga bermanfaat

 
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Poskan Komentar